Home » » Memilih printer Canon vs Epson– mana yang terbaik?

Memilih printer Canon vs Epson– mana yang terbaik?

Written By Akunews on Selasa, 13 Januari 2015 | 00.25



Bisnis fotografi, warnet, percetakan, atau perkantoran sudah tentu wajib memiliki perangkat printer. Ya, saat ini sudah tidak musimnya menulis panjang lebar menggunakan pulpen karena cukup mengetik di komputer dan mencetaknya melalui mesin dianggap lebih ringkas. Atau mesin ketik yang sudah jadul juga dianggap kuno dijaman modern ini semenjak kehadiran printer. Dapatkan Anda memasukan gambar melalui mesin ketik? Ketika printer sudah menjadi kebutuhan utama, masalah lain timbul yakni bagaimana memilih printer yang berkualitas bagus. Setiap brand printer mengklaim yang terbaik, yang terawet dan yang paling berkualitas.
Ada dua merek printer yang dianggap paling menonjol dan laris saat ini, yakni Canon dan Epson. Canon yang sudah berpengalaman memproduksi perangkat fotografi dan mesin penghasil gambar harus bersaing ketat dengan Epson yang sudah ahlinya dalam menggarap mesin printer berbagai jenis, scanner dan dekstop komputer. Sering kali akhirnya orang-orang bertanya, Canon vs Epson mana yang terbaik? Untuk Anda yang masih bingung memilih printer, berikut ini kami mengulas keunggulan dan kekurangan antara Canon vs Epson:

Keunggulan Canon

1. Keunggulan pertama Canon adalah dari harga-harga printernya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produk Epson untuk spesifikasi yang hampir sama. Pada akhirnya untuk Anda yang memiliki budget terbatas lebih cocok sebagai pengguna printer Canon.
2. Selain murah, Canon terkenal dengan printernya yang mampu mencetak lebih cepat. Anda bisa mengetes sendiri seperti pada printer seri Canon IP22770 yang ternyata dapat menghasilkan Print Speed Black : 7.0 ppm serta Print Speed Colur : 4.8 ppm. (ppm: Print Pages Perminutes). Sangat cocok untuk perkantoran dengan banyak pekerjaan sehingga lebih mengutamakan kecepatan mencetak. Ketika Anda terbiasa menggunakan Canon, Anda akan kaget karena Epson cenderung lebih lambat.
3. Kualitas hasil cetakan yang bagus terutama saat menggunakan tinta original, dan sangat cocok untuk mencetak dokumen.
4. Komponen printer Canon yang diklaim lebih awet, mungkin karena jarang ditemui kasus kerusakan Rollpaper, mainboard dan komponen lain pada printer Canon.
5. Seperti yang sudah dijelaskan, Canon cocok untuk print dokumen. Alasannya adalah pencetakan hitam putih yang lebih stabil tanpa adanya kesalahan warna.


Keunggulan Epson

1. Hasil warna yang menjadi jaminan utama Epson. Begitu sangat natural, lebih tajam, cerah sehingga Epson banyak dipakai oleh kalangan fotografer. Jangan salah bila studio-studio foto lebih memiliki Epson karena kualitas warnanya yang sangat bagus ketimbang pesaingnya.
2. Printer Epson dikenal akan keawetannya, Epson diklaim menggunakan micropiezo untuk headnya, selain itu untuk head jenis piezoelectric juga hanya dipakai oleh produk printer Epson saja. Micropiezo merupakan head yang dianggap bisa menghasilkan hasil cetakan lebih berwarna natural,  tajam, bebas grain atau noise, serta menghasilkan cetakan foto dengan transisi tone yang lebih halus.
3. Perombakan ke sistem infus menjadi pilihan jitu untuk kemudahan. Nah, Epson tampaknya menjadi printer yang sangat mendukung penggunaan sistem infus atau CISS. Alasannya adalah karena kebanyakan printer Epson dirancang dengan komponen Printhead yang dibuat terpisah dari Cartridge. Sistem infus (CISS) memang banyak dipilih untuk kemudahan dalam isi ulang dan meminimalkan biaya. Saat ini Canon dan Epson saat ini sudah membuat printer dengan Ink Tank System asli.


-  Kelemahan Canon

1. Soal warna, Canon harus mengakui keunggulan Epson. Canon sangat kurang untuk mencetak foto.
2. Banyak yang menganggap bahwa Head Canon cenderung kurang awet.
3. Ada banyak permasalahan bila printer Canon dirubah menjadi sistem infus, seperti masalah selang sistem infus yang justru dianggap mengganggu jalannya Caridge unit. Lagipula harga Catridge Canon termasuk mahal untuk satu setnya.


-  Kelemahan Epson

1. Kecepatan cetaknya yang seperti ‘siput’. Bahkan perbandingannya dapat mencapai sekitar 1:3 dibandingkan dengan kecepatan Canon.
2. Printer Epson dengan hasil cetakan yang luar biasa ternyata berimbas pada borosnya tinta.
3. Harga yang cukup mahal dibandingkan Canon dengan spesifikasi hampir sama.
4. Saat proses celaning, pengguna harus membuat sistem pembuangan untuk tinta hasil limbah.
5. Hasil cetakan hitam putih yang kurang bagus, yakni akibat munculnya warna lain.

Kesimpulannya untuk Anda yang membuka usaha foto dan mengutamakan hasil bagus, gunakan Epson. Dan Canon direkomendasikan untuk perkantoran yang mengutamakan kecepatan dan hanya mencetak dokumen semata.


31 komentar:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://servislaptopdisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat buat saya.
    kunjungi blog saya juga ya, di Printer L800

    BalasHapus
  3. Info yang sangat bermanfaat, Terimaksih banyak

    BalasHapus
  4. Makasih infonya gan, saatnya pergi beli printer sekarang juga.

    BalasHapus
  5. Thanx banget infonya sangat bermanfaat :)
    http://dian-rahayu.com

    BalasHapus
  6. Wah berguna banget nih
    Kayaknya buat para mahasiswa yg cuma fokus ke print mending beli canon ya

    BalasHapus
  7. mantap infonya.. untuk merk printer lain apa ada info juga?

    BalasHapus
  8. Jangan beli produk epson, partnya diskontinu. saya punya epson 1290 rusak, gak bisa diservis karena kata epson dia gak jual sparepartnya...jadi kalo rusak ya sudah jadi barang rongsok...buang saja...beli yang baru...Ni produk penjajah!!!

    BalasHapus
  9. saya salut dengan Canon, untuk produk yang diskontinu...mereka menawarkan tukertambah dengan versi yang baru...canon yang lama tetap dihargain...salut deh..

    BalasHapus
  10. Infonya bagus nih, saya juga punya printer canon dan masalahnya ada di cartridgenya :(
    Sudah 2 kali ganti cartridge karena diinfus dan kerusakan biasa

    BalasHapus
  11. makasih infonya. cuma mau share aja, saya pengguna printer brother sudah 2 tahun pakai dan kondisi masih oke banget. mungkin untuk next post bisa membahas printer brother versus merk lain.

    BalasHapus
  12. tank, gan shering masalah printer ane ada 3 printer conon ip 1600 ip 1300 ip 1880 semua jadi bangke gan ga kuat beli catritnya keliwat mahal ane tawarin ke tukan abu cuma di tawar 20 rb tiga unit printer kan nyesekkan saran ane bagi yang kocek pas pasan kaya ane mending cari pikir pikir dulu deh gan. klo ga nanti nyesek klo catritnya dah bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan saya mau nanya kalo untuk mahasiswa antara canon sama hp mana yang lebih bagus? Dari kecepatan print, irit tinta sama keawetan printnya.

      Hapus
  13. Aku buka usaha warnet, otomatis printer sangatlah penting. Untuk saat ini aku memakai epson L300 dan L120, jujur harganya super mahal. L300 3 tahun yang lalu beli harganya hampir 2 juta, sedangkan L120 setahun lalu beli harganya juga hampir 2 juta. Padahal hanya untuk printer, tidak ada scan, fotokopi dll (bukan all in one)

    Tapi harga tersebut terbayar dengan jarangnya rusak sehingga gak perlu sering2 diperbaiki ke customer service. Pergi ke customer service sama aja buang uang + waktu di mana aku mengolah warnetku sendiri sehingga kalau aku pergi ke customer service itu artinya sama aja dengan tutup warnet.

    L300 setelah setahun lebih baru minta pembuangannya di ganti. Memang kalau sudah begini artinya harus inap di tempat service-an selama kurang lebih 2 bulan karena harus indent barang. Dikarenakan itulah aku membeli epson tipe L120.

    Saranku, jangan beli L120 karena resetternya gak ada yang gratis, artinya ya harus beli. Dan tidak seawet L300, kadang2 untuk gambar masih suka bergaris putus2. Tapi masih rekomen lah buat cetak dokumen.

    Dulu, pernah coba banyak printer dari merek canon dan hp. Mengecewakan. Canon dalam waktu 2 bulan sudah rusak dan minta ganti ini itu, dan ini itunya pun cuma bertahan 2-3 bulan, lalu minta diganti lagi, dan semua itu MAHAL! Memang harga printernya murah (gak sampai 1 juta, malah ada yang cuma sekitaran 400an ribu) HP? Ini apalagi, dipakai sekitaran 200an lembar tinta sudah habis, diganti tinta asli pun gak bertahan lama juga. Diisi tinta refill langsung rusak, percuma.

    Bagiku, udah gak mau jauh2 dari epson deh, mahal tapi sebanding dengan kekuatannya

    Sekian sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju...Saya sudah 5 tahun pakai Canon dan sudah ganti 3x. Padahal saya jarang2 pakai kalau dirumah, dan tintanya cepat habis. Saya pakai canon PixmaE400, waktu masih baru sieh bagus tapi setelah kurang dari 1 tahun sudah banyak yang mulai loncer, tinta blepetan, kertas miring, roda penarik kertas tidak jalan sebelah. Dan juga kalau menscan tidak penuh, padahal kertas pas di scannernya tp malah terpotong. Canon butut...

      Hapus
    2. Setuju banget mbak... kebetulan saya juga usaha warnet seperti mbak.. dan faktanya saya setiap 2-3 bulan harus ganti cardridge karena saya pake Canon, capek dan kurang mendukung untuk usaha jasa pencetakan.

      Hapus
  14. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI DIMAS PRAMONO, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI DIMAS PRAMONO Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI DIMAS PRAMONO dan jika anda ingin seperti saya silahkan Tlp AKI Di 0823-1291-0909 Atau Cek Di Situsnya/intetnet «KLIK DISINI» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI DIMAS PRAMONO Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    PENARIKAN UANG MELALUI GAIB

    BalasHapus
  15. recomend untuk usaha pakai epson, sya lembur untuk cetak foto OK, sudah cetak lebih dari 14.000 lembar dan masih ok seperti baru, epson juga bisa pakai tinta pigmen agar hasil foto tidak luntur. klw pakai tinta bawaan paling 3 bulan pudar.

    BalasHapus
  16. FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus
  17. Terima kasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi situs aku juga diInfo Menarik Terbaru

    BalasHapus
  18. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Teknologi dan Informasi silahkan kunjungi website di bawah ini
    https://www.ugbemfikti.org/

    BalasHapus
  19. Terimakasih atas Informasinya...��

    BalasHapus
  20. baik canon atau epson, tentu disesuaikan menurut penggunaannya, jika printer tersebut digunakan untuk kepentingan personal maka printer dibawah 1 jutaan saja sudah cukup. selengkapnya bisa anda simak pada Rekomendasi Printer Murah untuk mahasiswa

    BalasHapus