Home » » Ini Penyebab Produk Anda Kurang Laku Dijual

Ini Penyebab Produk Anda Kurang Laku Dijual

Written By Shinta Joana on Minggu, 11 Januari 2015 | 20.37

Sudah mengeluarkan banyak modal untuk berwirausaha, namun kenyataan pahit harus dirasakan. Ya, salah satu kekhawatiran dari seorang wirausahawan adalah tidak lakunya produk yang dijual atau tidak lakunya jasa yang ditawarkan. Permasalahan ini sering kali membuat para wirausahawan gulung tikar dan putus asa. Bila memang Anda memiliki masalah klasik ini, jangan terburu-buru untuk frustasi karena salah satu solusi terbaik adalah mengetahui apa penyebabnya.

Ya, segera ketahui penyebabnya mengapa produk Anda kurang laku? Dan berbahagialah bila Anda sudah mengetahui penyebabnya karena dapat langsung diperbaiki. Jika dari awal sudah tidak mengetahui penyebab produk tidak laku, lalu apa yang akan diperbaiki atau dirubah? Nah, berikut ini adalah beberapa contoh penyebab mengapa produk kurang laku dipasaran:

1. Promosi yang Dilakukan Kurang Maksimal

Pentingnya memberitahu khalayak ramai tentang produk Anda. Jadi, pastikan promosi yang dilakukan sudah maksimal dan tepat sasaran. Jika tidak ada promosi atau promosi kurang maksimal, bagaimana mungkin orang akan membeli produk Anda? Jadi, kesimpulannya kegiatan pengenalan produk (advertising) menjadi bagian yang paling penting dalam usaha marketing usaha Anda.

Sudah banyak alternatif untuk mempromosikan produk, salah satunya adalah melalui internet yakni dengan sosial media, forum, situs jual beli atau secara konvensional melalui brosur, banner, maupun surat kabar. Jangan terlalu pelit mengeluarkan anggaran untuk mempromosikan produk Anda.

2. Mungkin Harga Lebih Mahal

Produk apa yang Anda jual? Lalu apakah Anda sudah memeriksa harga pasaran umum? Tujuan berbisnis memang untuk mendapatkan keuntungan, namun jika harus membanderol produk dengan lebih mahal demi keuntungan besar justru akan mematikan bisnis Anda. Sebagai contoh Anda menjual tenda dome merek A dengan kapasitas 5 orang seharga Rp 550 ribu.

Padahal untuk penjual lain membanderolnya hanya kisaran sesuai harga pasaran Rp 500 ribu saja. Tentu orang akan memilih yang lebih murah sementara produknya sama. Perlu diingat bahwa bisnis online memiliki persaingan sangat ketat, beda harga tipis saja bisa berpengaruh.

3. Kualitas yang Buruk

Kualitas produk adalah yang terutama. Pastikan seluruh produk Anda memiliki kualitas bagus, maksudnya adalah tidak ada cacat, tidak ada warna luntur dan sebagainya. Pentingnya setiap beberapa hari sekali Anda mengecek kondisi barang apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Sekali pelanggan kecewa, maka memungkinkan Anda kehilangan mereka.

4. Tidak ada Garansi

Mengenai garansi mungkin dikhususkan untuk barang-barang beresiko, seperti barang elektronik. Mana mungkin pelanggan akan mengambil resiko untuk membeli barang rawan rusak tanpa garansi? Produk-produk black market umumnya tidak memiliki layanan ini.

5. Produk yang Tidak Diminati

Ini adalah salah satu faktor sangat berpengaruh mengapa produk yang dijual tidak laku. Produk yang tidak diminati atau tidak cocok bagi orang-orang sekitar Anda. Sebagai contoh Anda menjual produk obat pertanian seperti pupuk atau pestisida di kawasan pertokoan kota besar.

Mana mungkin produk ini laris? Sedangkan didaerah kota besar sudah jarang ditemui kawasan pertanian. Kecocokan produk tersebut adalah di daerah pedesaan yang masih banyak ditemui petani dan lahan pertaniannya masih luas. Tidak menjamin produk murah dengan promosi besar-besaran akan laris selama produk tersebut tidak cocok disuatu tempat.

6. Layanan Buruk

Puaskan pelanggan dengan pelayanan prima, sebagai contoh bila ada calon pembeli yang bertanya tentang spesifikasi produk dan perbandingannya antara produk A dan B maka Anda harus dengan sabar menerangkannya. Jika tidak bertanya langsung kepada penjual, mereka akan bertanya dengan siapa?  Beberapa produk bahkan harus Anda antarkan ke rumah pembeli, seperti perangkat elektronik berukuran besar, maupun produk furniture. Jika tidak demikian, Anda akan kalah saing dengan penjual lain yang lebih memberikan pelayanan prima.

7. Tidak Memiliki Keunikan


Khusus untuk produk kuliner, salah satu yang membuat larisnya produk adalah rasa yang dianggap enak oleh konsumen. Mana mungkin sebuah produk kuliner dengan rasa tidak enak akan laris, kecuali Anda menjual jamu tradisional. Selain itu jangan sekali menurunkan kualitas bila Anda sudah mendapatkan produk dengan rasa pas.

5 komentar:

  1. Analisa diatas cukup detail, hingga mudah dipahami oleh marketer pemula. Terimakasih atas artikelnya membantu sekali. Salam kenal
    www.pemasaranjaringan.com

    BalasHapus
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI DIMAS PRAMONO, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI DIMAS PRAMONO Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI DIMAS PRAMONO dan jika anda ingin seperti saya silahkan Tlp AKI Di 0823-1291-0909 Atau Cek Di Situsnya/intetnet «KLIK DISINI» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI DIMAS PRAMONO Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    PENARIKAN UANG MELALUI GAIB

    BalasHapus
  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  4. Pada saat ini saya sedang merintis usaha jasa pengisian isi ulang tinta printer,saya sudah mencoba beberapa promosi seperti sebar brosur ke perumahaan elit,mobol,motor serta pasang pamplet ukuran A3 dan sebar proposal ke beberapa perusahaan baik instansi pemerintah maupun swasta.yang ingin saya tanyakan dari hasil beberapa marketing yang saya lakukan sampai saat ini belum ngerasain hasilnya.tolong di bantu solusinya.terima kasih tedi suteja

    BalasHapus
  5. Pada saat ini saya sedang merintis usaha jasa pengisian isi ulang tinta printer,saya sudah mencoba beberapa promosi seperti sebar brosur ke perumahaan elit,mobol,motor serta pasang pamplet ukuran A3 dan sebar proposal ke beberapa perusahaan baik instansi pemerintah maupun swasta.yang ingin saya tanyakan dari hasil beberapa marketing yang saya lakukan sampai saat ini belum ngerasain hasilnya.tolong di bantu solusinya.terima kasih tedi suteja

    BalasHapus