Home » » 5 Jejaring Sosial ini Dapat Menunjang Bisnis Anda

5 Jejaring Sosial ini Dapat Menunjang Bisnis Anda

Diposting pada Senin, 22 Desember 2014 | 18.09


Kita tentu tahu bahwa saat ini kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain semakin dimudahkan dengan adanya kecanggihan teknologi dan koneksi internet yang cepat dengan harga yang terjangkau. Bagi Anda yang memiliki bisnis berupa toko online atau professional yang bergerak dalam bidang jasa, hal-hal tersebut sangatlah membantu untuk kelancaran bisnis yang Anda miliki.

Tentunya bisnis seperti penjualan barang atau jasa via online tidak akan mencapai hasil yang maksimal tanpa adanya bantuan media online seperti website media sosial. Website merupakan “rumah” bagi setiap bisnis yang dijalankan secara online. Bayangkan bagaimana senangnya calon pelanggan Anda apabila datang ke sebuah “rumah” yang menerapkan konsep “home sweet home”.

Selain memiliki sebuah rumah bernama website, kita juga perlu memanfaatkan fungsi keberadaan dari beberapa jejaring sosial sebagai media promosi bisnis online. Mengapa harus menggunakan jejaring sosial? Karena jejaring sosial atau social media network merupakan salah satu hasil dari kemajuan teknologi saat ini yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi usaha atau bisni yang sedang Anda geluti:

1. Facebook

Siapa yang tidak tahu dengan media sosial bernama Facebook? Jejaring sosial yang satu ini tentunya sangat familiar di telinga kita semua. Kemudahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan menjadi salah satu alasan mengapa Anda sebagai pemilik bisnis perlu melakukan promosi melalui Facebook. Jangan lupa untuk mengintegrasikan website Anda dengan akun fans page Facebook bisnis Anda.

2. Twitter

Jejaring sosial yang juga dikenal sebagai microblogging ini tidak kalah terkenalnya dengan Facebook. Dengan kecanggihan teknologi, kini Facebook dan Twitter hadir di semua gadget, handphone maupun komputer. Lalu, apa kegunaan akun Twitter bagi promosi bisnis kita? Selain untuk mempermudah komunikasi, melalui Twitter kita juga akan lebih cepat mendapatkan dan sekaligus berbagi informasi dengan sesama pengguna.

3. Pinterest

Banyak pengguna yang beranggapan bahwa jejaring sosial ini belum terlalu populer di Indonesia, padahal penggunanya saat ini sudah sangat banyak sekali. Di Pinterest, kita dapat memanfaatkan sistem “board” untuk mengkategorikan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Kebanyakan user Pinterest memang berasal dari luar negeri, dan apabila Anda melakukan promosi melalui jejaring sosial yang satu ini, bukan tidak mungkin calon pelanggan dari luar negeri akan tertarik untuk membeli barang/jasa yang Anda tawarkan.

4. Aplikasi Pengolah Foto (Instagram dan Flickr)

Ternyata jejaring sosial seperti instagram dan flickr saat ini juga banyak dilirik oleh pebisnis online karena kemudahan untuk mengupload banyak foto produk dan user juga dapat memberikan komentar dengan mudah dan cepat. Cantumkan alamat instagram atau flickr Anda pada website, agar calon pelanggan dapat mengetahui produk-produk terbaru apa yang terdapat di toko online Anda.

5. LinkedIn

Bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis online, Linkedin ternyata dapat juga digunakan sebagai tempat untuk memajang profile Anda sebagai seorang pebisnis yang professional. Dengan adanya Anda di Linkedin bukan tidak mungkin ajakan berbisnis akan datang dari beberapa pihak, terutama bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi investor bagi usaha Anda. Linkedin juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan Anda dengan berbagai kalangan, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan promosi.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.