Home » , » 5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dibagikan di Facebook

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dibagikan di Facebook

Written By Shinta Joana on Rabu, 10 Desember 2014 | 17.45


Facebook merupakan sosial media terbesar dan terpopuler saat ini. Hampir semua orang yang disambangi oleh kecanggihan teknologi mengenal dan memiliki akun sosial yang satu ini. Dengan Facebook kita dapat berteman dengan banyak orang di berbagai belahan dunia, membagikan semua tentang kita kepada mereka dan saling bertukar informasi satu sama lain.

Namun dibalik semua kemudahan tersebut, Facebook sebagai sebuah sosial media yang sangat terkenal tersebut ternyata memiliki dampak yang buruk terhadap pengguna. Meskipun memiliki beberapa fitur keamanan yang dapat menghindarkan penggunanya dari hal-hal yang tidak diingankan.

Facebook juga masih memiliki celah sehingga hal tersebut membuat para penggunanya masih rentan terhadap adanya tinak kejahatan. Untuk membantu mengurangi dampak negatif tersebut berikut beberapa hal yang tidak boleh dibagikan oleh pengguna di Facebook.

Baca: Cara membuat Facebook

1. Detail ulang tahun 

Tanggal lahir atau tanggal ulang tahun pengguna adalah satu dari empat informasi yang diperlukan guna mencuri identitas seseorang. Menerima ucapan selamat ulang tahun di timeline Facebook memang menyenangkan, namun tampaknya kita harus mulai berhati-hati dengan hal yang satu ini. Terkait masalah keamanan, ini tidak dianjurkan untuk dibagikan di Facebook.

2. Lokasi 

Informasi tentang detail lokasi apalagi informasi lokasi terkini semestinya tidak dibagikan di akun Facebook. Apalagi, informasi itu dibagikan dengan sangat detail. Misalnya saja pengguna berbagi status, “Bosan di rumah, sendirian ditinggal papa mama, ke McD ah nongkrong + tag lokasi McD.” Bukankah ini sama saja mempersilakan maling untuk merampok rumahnya karena tidak ada orang sama sekali? Maka dari itu berhati-hatilah.

3. Status hubungan (relationship) 

Di jagat maya terlebih lagi di media sosial, dikenal istilah “stalker” atau penguntit yang lebih dikenal sebagai mata-mata. Jika si penguntit itu tahu targetnya jomblo, maka ia akan terus melakukan aksinya sebab Anda telah memberikan lampu “ijo” kepadanya. Meskipun secara sadar atau tidak bahwa AAnda telah melakukannya. Mencehag lebih baik daripada mencari solusi atas apa yang sudah terjadi.

4. Menyatakan sedang sendirian di rumah

Poin yang satu ini hampi mirip dengan poin kedua. Ini juga memiliki risiko. Berbagi informasi sedang sendirian di rumah bisa mengundang hal buruk. Jika ada orang yang dendam pada Anda dan setelah membaca status ini ia memiliki niat buruk terhadap Anda? Untuk berjaga-jaga sebaiknya hidari untuk melakukan hal yang satu ini. Masih banyak hal lainnya yang dapat kita bagikan.

5. Alamat 

Alamat juga merupakan salah satu celah yang sering digunakan oleh para penjahat untuk mengetahui tentang korbannya. Semestinya perihal “alamat” tidak diumbar di sosial media. Misalkan saja alamat rumah, “alamat email”, dan alamat yang lainnya. Jika ada yang bertanya? Bagikan secara privat misalkan saja lewat inbox. Bukan berfikiran negatif, tapi ini langkah preventif guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak dibagikan oleh pengguna Facebook dan akun miliknya. Semoga dengan mengetahui kelima hal tersebut dapat membantu kita sebagai pengguna terhindar dari hal-hal yang tidak kita iginkan terjadi pada kita.

0 komentar:

Posting Komentar