Home » » 10 Cara Membuat Artikel Blog Disukai Google

10 Cara Membuat Artikel Blog Disukai Google

Diposting pada Minggu, 28 Desember 2014 | 18.21


Artikel adalah komponen utama dalam sebuah blog. Para blogger beruapaya keras agar artikel yang mereka buat dapat disenangi oleh selaku mesin pencarian terbesar saat ini sehingga dapat memberikan efek yang sangat bagus bagi blog mereka. Namu pertanyaannya sekarang adalah bagimanakah membuat artikel yang bagus dan disenangi oleh Google? Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa kita coba.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat artikel agar disukai oleh Google yang bagikan oleh salah seorang pembuat template blog Indonesia yang sudah sangat terkenal, mas Sugeng. Mari kita lihat apa-apa saja 10 cara membuat artikel yang disukai Google.

1. Membuat artikel yang panjang

Jika banyak orang berpendapat bahwa menulis artikel yang panjang dapat membuat pembaca bosan, apa salahnya kita mencoba untuk membuat artikel yang panjang namun berkualitas. Panjang artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan dibahas secara lengkap.

2. Menggunakan gambar yang sesuai

Artikel yang hanya berisikan tulisan tanpa konten pendukung lain seperti gambar akan terlihat polos dan kurang menarik. Apapun topik artikel yang dbahas sebaiknya diusahakan agar sebisa mungkin untuk menggunakan gambar yang relavan. Satu gambar saja cukup, tapi lebih dari satu juga lebih bagus. Sebagai tambahan, usahan ukuran gambar yang kita gunakan kecil, sehingga mudah saat di load.

3. Menggunakan Video yang relevan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, hanya saja untuk pemasangan video dalam sebuah artikel bukanlah hal yang diharuskan. Namun sebaiknya ada di dalam sebuah artikel jika artikel yang dibuat berhubungan dengan tutorial atau video-video tertentu. Jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog agar dapat memberikan nilai tambah.

Jika Anda ingin artikel Anda disisipi dengan teknik SEO (Search Engine Emptimization), mungkin beberapa cara berikut ini dapat membantu dan bisa Anda coba.

1. Meletakkan keyword pada judul artikel

Teknik ini adalah teknik yang sudah sering digunakan oleh banyak orang, yaitu dengan meletakan keyword pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword (kata kunci) pada bagian depan atau kata pertama pada judul artikel yang Anda buat.

2. Meletakkan keyword pada URL

Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakan keyword pada URL atau alamat artikel yang kita buat. Untuk hal yang satu ini Anda tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, kan menyesuaikan URL artikel dengan judul artikel secara otomatis. Jadi jika poin sebelumnya sudah berhasil dilakukan dengan benar, maka yang satu ini tinggal mengikuti saja.

3. Letakkan keyword pada meta deskripsi

Hal mungkin ini tidak akan berpengaruh banyak bagi artikel yang dibuat, namun meletakan keyword pada meta description dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog Anda pada mesin pencari.

4. Letakkan keyword pada 100 kata pertama

Dalam menulis artikel, tentunya selalu ada paragraph pertama. Nah, pada 110 kata pertama yang dimulai dari paragraph pertma tersebut kita dapat meletakkan sebuah kata kunci yang telah kita tentukan. Jumlah kata kunci atau keyword density tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal kata kunci tersebut muncul, maka akan semakin bagus.

5. Menggunakan bullet list atau tabel pada postingan

Jika di dalam artikel Anda menampilkan daftar sesuatu, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan bullet list atau tabel daripada harus menggunakan text biasa atau gambar. Ini akan membuat artikel yang Anda buat terkesan rapid an enak untuk dilihat. Sehingga para pembaca dapat dengan mudah memahaminya.

6. Memasang Internal Link

Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita. Sehingga dengan begitu pembaca tidak hanya dapat membaca satu artikel saja, namun juga dapat diarahkan secara tidak langsung untuk membaca artikel yang lain melalui link yang kita sisipkan pada kata-kata di dalam artikel.

7. Memasang eksternal link

Banyak yang berpendapat bahwa memasang link keluar atau ke blogsite yang lain hanya akan mengurangi kualitas artikel yang kita buat, padahal kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah bagi artikel di blog kita, asalkan:


  • Memasang link yang relevan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Dan jangan lupa memasang link ke blog/situs otoritas seperti Wikipedia


Itulah 10 cara membuat artikel yang disukai Google yang disadur berdasarkan pengalaman dari Mas Sungeng, seorang pembuat template blog ternama di Indonesia. Semoga sepuluh cara tersebut dapat bermanfaat dan bisa diterapkan dengan baik di blog Anda masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.