Home » » Trik Memperkenalkan Produk Baru di Sosial Media

Trik Memperkenalkan Produk Baru di Sosial Media

Diposting pada Kamis, 27 November 2014 | 04.33



Seiring makin dekatnya dunia maya dengan dunia nyata, alur media promosi juga mengalami perubahan. Jika dulu media elektronik dan media masa menjadi tempat yang tepat dalam mempromosikan produk, kini dengan adanya dunia maya, semua itu mengalami perubahan. Dunia maya memang memberikan akses mudah untuk melakukan promosi. Mulai dari website, blog, ataupun media sosial yang semakin banyak jumlahnya. Trend promosi di dunia maya seperti di media sosial mulai dilakukan banyak brand karena efektivitasnya yang cukup tinggi.

Masyarakat di era modern ini tidak bisa jauh dari yang namanya ponsel. Jika dulu ponsel hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim sms, kini ponsel digunakan untuk mengakses media sosial. Mulai bangun tidur dan akan tidur lagi, banyak sekali pengguna yang mangakses media sosial. Dari situlah mengapa media sosial menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi karena banyak orang berkumpul di sana.

Meskipun banyak orang yang berkumpul di media sosial, bukan berarti memudahkan produsen untuk melakukan promosi jika tidak dengan cara yang tepat. Sama halnya dengan promosi di media elektronik dan media cetak, produsen perlu merancang strategi dalam melakukan promosi agar setelah promosi dilakukan akan terlihat hasilnya. Dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi, produsen harus mendapatkan awareness, visibility, dan loyalty.

Untuk mendapatkan visibility, produsen bisa melakukan promosi diskon bagi konsumen yang sudah follow akun twitter atau sudah nge-tweet untuk akun twitter produsen tersebut. Diskon atau hal-hal yang berbau gratis memang menjadi pemancing besar dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. Contoh lainnya, seperti Starbuck yang meluncurkan mobile application-nya, ketika itu pembeli akan mendapatkan kopi kecil gratis jika menunjukkan jika mereka sudah mengunduh aplikasi tersebut. Dari situlah akhirnya visibility produk mulai terbangun.

Untuk meningkatkan awareness produsen bisa mengadakan kuis harian. Kuis harian ini akan membuat follower selalu menunggu kuis itu dimulai. Kuis itu bisa seperti menanyakan apa menu terbaru ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan produknya. Hadiahnya bisa berupan voucher ataupun produk gratis. Dengan cara ini selain menarik pengikut untuk selalu memantau akun media sosial produsen juga membuat mereka mengenal produk itu secara mendalam. Promo yang tidak disangka-sangka datangnya juga bisa dilakukan. Seperti “Diskon untuk semua produk hanya satu jam dari jam 14 sampai 15.” Dengan promo yang tidak disangka-sangka ini akan membuat follower selalu memantau akun media sosial produsen.

Setelah awareness dan visibility sudah didapatkan, kini produsen harus memberikan ha;-hal bermanfaat untuk para pengikutnya. Misalnya info mengenai fakta produk tersebut, yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Informasi simpel tapi sangat berguna untuk para follower ini akan membuat mereka akan loyal dengan produk ini. sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap dengan langkah tersebut. Langkah ini juga membuat komunikasi dua arah dapat terjalin. Promosi di media sosial memang harus membangun komunikasi dua arah, mempromosikan dan mendengarkan. Dengan komunikasi dua arah inilah yang akhirnya loyalitas mereka dapat terbangun.

Selain itu, tentunya produsen tidak boleh melupakan kualitas produknya. Produk yang bagus dan berbeda dari yang lainnya, tentunya akan dengan mudah menarik pembeli. Dari satu pembeli itu akan dibicarakan ke orang lain. Dari mulut ke mulut inilah yang nantinya akan membuat produk mampu dijual dengan cepat.

Selain produk yang bagus, konten yang diunggah juga harus bagus. Konten mewakili apa yang ingin produsen sampaikan. Jika dikemas dengan baik dan jelas, maka konsumen akan dengan mudah memahaminya. Selain itu juga membuat mereka betah memantau produk tersebut. Dalam memberikan informasi, jangan hanya menggunakan kekuatan kata saja, sisipkan juga gambar atau video yang memberikan gambaran bagaimana produk tersebut. dengan begitu maka pengunjung tidak akan bosan menyimak ulasan-ulasan di dalam media sosial.

Menggandeng selebtweet ataupun komunitas untuk mempromosikan produknya juga bisa dilakukan. Dengan cara ini, akan sangat mempengaruhi follower karena produk itu telah dikampanyekan oleh orang yang mereka anggap seleb di dunia twitter. Seleb tweet yang sudah pasti dijamin kredibilitasnya ini, ternyata mampu mengalahkan artis yang digunakan untuk brand ambassador produk tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.