Home » , » Istilah-Istilah Populer Seputar Blackberry

Istilah-Istilah Populer Seputar Blackberry

Written By Akunews on Kamis, 27 November 2014 | 04.47


Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa istilah populer seputar BlackBerry:

BlackBerry

Salah satu produk smartphone yang memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur email, push, browser internet, aplikasi chat messenger (BBM) serta berbagai fitur nirkabel lainnya. Salah satu ciri khas BlackBerry adalah fitur chat BBM serta format keyboard-nya yang qwerty.

Smartphone BlackBerry mulai diperkenalkan di dunia sejak tahun 1999 oleh sebuah perusahaan teknologi informasi bernama RIM. Sejak diperkenalkan kepada seluruh masyarakat, BlackBerry terus menerus diperbaiki dan dievaluasi agar menjadi smartphone dengan fitur yang semakin canggih.
Di Indonesia sendiri, BlackBerry mulai diperkenalkan pada tahun 2004 oleh salah satu perusahaan provider terkemuka di Indonesia.

RIM

Singkatan dari Research In Motion. Merupakan perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang mencetuskan ide pembuatan smartphone BlackBerry.Perusahaan RIM didirikan sejak tahun 1984 oleh Mike Lazaridis.

Pada tahun 1995, perusahaan yang berbasis di Kanada ini mulai berkembang dengan bantuan dana dari para investor.

Kegagalan RIM saat menjalin kerjasama dengan RAM Mobile Data dan Ericsson saat meluncurkan produk berjenis pager akhirnya terbayarkan dengan penemuan smartphone canggih yang diberi nama BlackBerry.

BBM (BlackBerry Messenger)

Aplikasi chat andalan yang merupakan fitur bawaan pada smartphone BlackBerry. Melalui penggunaan fitur BBM, para pengguna smartphone BlackBerry dapat berkomunikasi via chatting secara mudah dan praktis.

Pada BBM, terdapat fitur display picture yang bisa digunakan untuk menampilkan foto pribadi anda. Ada pula fitur emoticon dan autotext yang membuat kegiatan chat menjadi lebih seru dengan berbagai gambar-gambar yang bisa di custom sendiri. Penggunaan BBM juga dapat memudahkan anda untuk berkirim gambar, dokumen, file suara atau melakukan hubungan telepon dengan support wi-fi.

Di Indonesia, anda perlu menggunakan paket langganan berbayar untuk memperoleh fasilitas BBM dari smartphone BlackBerry.

Pin BBM

Kode unik berjumlah 8 digit yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Pin BBM digunakan sebagai bentuk identitas unik yang melekat pada setiap aplikasi chat BBM.

Selain berfungsi sebagai identitas, Pin BBM juga menjadi sarana pertukaran kontak antar pengguna BBM yang satu dengan pengguna BBM lainnya.

Bila anda ingin meng-add kontak BBM pengguna lain, maka anda harus memasukkan pin BBM orang tersebut agar anda dapat mengirimkan undangan friend list pada orang yang dituju.

Broadcast (BC)

Pesan yang dikirimkan ke banyak pengguna BlackBerry Messenger dengan tujuan untuk menyebarkan informasi penting secara massal ke kontak BBM yang dimiliki oleh seorang pengguna BlackBerry.

Broadcast biasanya memiliki ciri khas tersendiri dengan warna ungu pada font pesan yang disampaikan. Tidak seperti pesan BBM biasa yang menampilkan huruf R sebagai tanda bahwa pesan tersebut sudah dibaca oleh sang penerima, pada Broadcast, pihak pengirim tidak dapat mengetahui siapa saja penerima pesan yang sudah membaca isi Broadcast.

Di Indonesia, fasilitas Broadcast banyak dimanfaatkan untuk promosi bisnis, mengirim pesan yang kurang jelas kebenarannya (hoax) dan tes kontak (kontak BBM mana yang error dan harus di re-invite).

Invite

Merupakan suatu tindakan pengajuan oleh pihak pengguna BBM kepada pengguna BBM lainnya untuk saling terhubung melalui aplikasi BBM.

Karena penggunaan BBM tidak bisa dilakukan secara sepihak, maka pihak yang ingin berhubungan dengan pengguna BBM lain harus mengajukan invite pada pihak yang bersangkutan dengan menggunakan identitas Pin BBM atau barcode BBM. Selanjutnya, pihak pengguna BBM yang di invite dapat menerima atau menolak pengajuan untuk saling terhubung melalui media BBM.

Dengan menjadi “teman” di kontak BBM, seseorang dapat melihat display picture teman lainnya, menjalin komunikasi via chat, saling berkirim fileatau membentuk grup BBM bersama kontak BBM lainnya.

Display Picture

Foto profil BBM anda yang biasanya juga disertai dengan nama kontak BBM anda. Nama kontak BBM ini akan memudahkan pengguna BBM lain untuk mencari anda di contact list mereka.
Display picture biasanya diisi dengan foto pribadi, foto pemandangan, motivational quotes, gambar-gambar lucu atau gambar lainnya yang menjelaskan mengenai aktivitas, mood atau minat si pengguna BBM.

Ping Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher.Berawal dari suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui apakah suatu jaringan komputer sudah terhubung dengan baik atau belum.

Saat ini Ping juga digunakan sebagai salah satu fitur BBM yang bertujuan untuk mencari tahu apakah suatu kontak BBM masih bisa diakses atau tidak. Kadangkala Ping juga sering digunakan secara tidak bertanggung jawab oleh para pengguna BBM yang tak sabar mendapatkan balasan, sehingga hal ini sering membuat jengkel para pengguna BBM lainnya.

Semoga daftar istilah diatas bisa memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.