Home » » Google Penguin, Pembunuh Blog Pengguna SEO Black Hat

Google Penguin, Pembunuh Blog Pengguna SEO Black Hat

Written By Shinta Joana on Kamis, 27 November 2014 | 04.57



Disini kami tidak akan membahas tentang hewan Penguin secara mendalam, namun yang akan dibahas adalah Google Penguin. Apa maksudnya? Adakah hubungannya Google dengan hewan kutub ini? Atau apakah Google memiliki proyek konsevasi alam seperti perlindungan hewan kutub? 

Yang dimaksud Google Penguin adalah sebuah istilah yang merujuk pada algoritma Google dimana fungsinya adalah menurunkan bahkan menghilangkan sebuah halaman web maupun blog dari rangking Google Search. Jadi Google Penguin ternyata bisa berperan sebagai “polisi” dunia maya dan siap menghukum siapa yang melanggar ketentuan Panduan Webmaster Google.

Efek Google Penguin

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Google Penguin berperan menurunkan dan menghilangkan sebuah halaman web pada mesin pencari. Penurunan dan penghilangan tersebut ditujukan kepada situs-situs yang telah melanggar ketentuan
Panduan Webmaster Google diantaranya seperti menggunakan kata kunci isian yang berpartisipasi pada link skema yang dengan disengaja menimbulkan penciptaan duplikat konten, atau situs web yang didalamnya mengandung spam atau bisa juga situs yang berisi sistem permainan membahayakan.

Google terus melakukan pembaharuan sistem pada Google Penguin dan bahkan dengan kecanggihan sisten Penguin diklaim cukup sensitive terhadap segala teknik SEO “haram” seperti teknik Black Hat. Dipastikan untuk situs yang menggunakan teknik SEO tidak wajar akan dihukum oleh Google Penguin.

Ada banyak situs web yang memanfaatkan teknik SEO Black Hat dan setelah update sistem Google Penguin akhirnya mempengaruhi jutaan halaman yang terhapus dari daftar peringkat mesin pencarian Google karena menggunakan teknik terlarang.

Kelebihan Google Penguin

Memang bagus menghukum situs-situs yang memanfaatkan teknik SEO Black Hat seperti memanfaatkan kata kunci berkelebihan, penggunaan teknik link Farming, Blog Comment Spam dan lain sebagainya. Jadi disini yang diuntungkan sudah pasti adalah situs web yang tidak menggunakan cara terlarang atau yang biasa disebut sebagai SEO White Hat.

Dengan cara ini akan membuat reputasi Google sebagai mesin pencari semakin naik, karena bisa melakukan update dan menampilkan situs web berkualitas tinggi serta yang relevan pada posisi atas di hasil pencarian Google. Dengan kinerja Search Engine Result Page baik yang dihasilkan oleh sistem ini, memungkinkan seseorang yang hendak mencari apa yang diinginkan di internet dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang lebih relevan pada sebuah halaman baik itu blog maupun website.

Google memang mengharapkan penggunanya tidak dipusingkan oleh hasil pencarian yang tidak relevan dan bahkan tidak “nyambung”. Ingat, biasanya pengguna teknik Black Hat adalah orang-orang malas yang tidak membuat artikel maupun informasi relevan. Tujuannya mungkin hanya ingin menarik sebanyak-banyaknya pengunjung dan mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang.

Cara Menghindari Hukuman Google Penguin

Dari fungsinya saja sudah jelas, Google Penguin menurunkan dan menghilangkan halaman dari hasil pencarian bila menggunakan cara-cara ilegal. Jadi cara menghindari hukuman semacam ini tentu saja adalah dengan melakukan aktivitas blogging atau membuat website secara sehat.

Sebagai contoh Anda tidak menggunakan kata kunci berlebihan pada setiap postingan, tidak menggunakan content farm, menghindari atau sama sekali tidak menggunakan Backlink berbayar, membuat postingan yang relevan dengan judul, menghindari teknik spaming dalam bentuk apapun, dan sebaiknya gunakan optimasi secara standard ala White Hat.


Dengan demikian situs web dan halaman Anda lebih aman serta tetap bisa terindex oleh Google meskipun mungkin tidak berada pada page one. Ini lebih baik ketimbang menggunakan cara curang masuk ke page one, selanjutnya ketahuan Google dan hasilnya malah turun satu halaman untuk hukuman ringan, atau turun drastis beberapa halaman untuk hukuman sedang atau bahkan hilang sama sekali dari mesin pencarian untuk hukuman berat karena sudah keterlaluan. Banyak memposting artikel baru yang relevan dan aktif memberikan umpan balik kepada pembaca adalah salah satu cara membuat reputasi web Anda baik. 

0 komentar:

Posting Komentar