Home » » Beberapa Istilah Penting dalam Jaringan Internet

Beberapa Istilah Penting dalam Jaringan Internet

Diposting pada Kamis, 27 November 2014 | 04.28



Kali ini kita akan kembali membahas beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam jaringan internet. Pemahaman ini tentu akan memperkaya wawasan kita mengenai seluk beluk jaringan internet. Yuk kita simak dulu informasinya berikut ini:


Domain
Merupakan nama unik yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi alamat server komputer (IP Adress). Penggunaan domain akan membawa kita menuju ke server atau email server tertentu. Biasanya orang mengenal domain dengan sebutan nama website.
 Domain biasanya terdiri dari kombinasi huruf, angka dan tanda (-) tanpa spasi. Melalui penggunaan domain, format deretan angka alamat IP akan lebih mudah diingat dan diakses.
ISP
Singkatan dari Internet Service Provider.
ISP adalah sebutan untuk menyatakan suatu perusahaan yang menyediakan jasa jaringan internet untuk khalayak ramai.
Biasanya pihak ISP memiliki suatu jaringan infrastruktur telekomunikasi yang sangat besar.
Pihak ISP akan memberikan fasilitas berupa layanan internet bagi para pelanggan yang telah berlangganan. Hingga saat ini ada ISP yang menyediakan paket internet bulanan dan ada pula yang menyediakan paket internet berbasis jumlah kuota.
GPRS
Kependekan dari General Packet Radio Service.
GPRS merupakan teknologi canggih yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data berlangsung lebih cepat, daripada menggunakan teknologi Circuit Switch Data (CSD).
Layanan GPRS dapat diperoleh melalui jaringan telepon seluler dengan memanfaatkan paket data internet. Beberapa format data yang dapat dikirim dan diterima dengan GPRS adalah email, gambar, suara bahkan penelusuran internet (browsing). Hingga saat ini banyak orang yang menggunakan GPRS dengan alasan praktis (jaringan nirkabel) dan harga akses data yang relatif murah.
Server
Sebutan untuk sistem komputer yang menyediakan suatu jenis layanan tertentu  yang masih berhubungan dalam suatu jaringan komputer yang sama.
Biasanya server didukung dengan kapasitas memori penyimpanan (RAM) yang besar untuk mendukung kelancaran aktivitas perpindahan data.
Dengan adanya server sebagai media penyimpanan data, kita dapat mengakses informasi secara mudah dan cepat. Sistem server akan melakukan penyimpanan data secara rapi dan terperinci untuk dapat diakses oleh banyak orang.
Modem
Singkatan dari modulator dan demodulator.
Secara sederhana, modem dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet yang berasal dari line kabel, telepon atau media penyedia fasilitas internet lainnya.
Prinsip kerja modem yakni melakukan modulasi sinyal digital ke dalam bentuk analog untuk kemudian di transfer ke komputer. Selanjutnya, modem akan kembali melakukan demodulasi untuk menerjemahkan kembali sinyal tersebut ke dalam bentuk digital yang mengandung beragam informasi.
VPN
VPN (Virtual Private Network) adalah suatu bentuk koneksi privat yang dilakukan melalui jaringan internet.
Virtual network dapat didefinisikan sebagai jaringan yang diakses secara virtual, sedangkan Private berarti bersifat pribadi.
Biasanya sistem VPN digunakan oleh perusahaan atau lembaga lainnya yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan di lingkungan internalnya.
Firewall
Sistem yang terdiri dari kombinasi software dan hardware yang digunakan dengan tujuan untuk melindungi jaringan komputer dari berbagai serangan yang mungkin berasal dari sistem komputer lainnya. Firewall akan berusaha menyaring setiap pertukaran informasi yang dilakukan antar jaringan komputer.
Karena saat ini jaringan komputer rentan mengalami hacking dan tindakan cyber crime lainnya, maka penggunaan sistem firewall yang baik adalah salah satu kebutuhan krusial bagi para pengguna komputer.
Ethernet
Namanya sekilas terdengar mirip dengan kata “internet”.
Ethernet merupakan suatu bentuk jaringan komputer berbasis sistem LAN (Local Area Network).
Berbeda dengan internet, ethernet biasanya berbentuk perangkat keras (hardware) yang diinstalasikan pada komputer agar komputer tersebut dapat mengakses pertukaran data dalam suatu jaringan internal yang disebut LAN.
Ethernet dikembangkan oleh seseorang bernama Robert Metcalfe dan dipatenkan oleh perusahaan Xerox pada tahun 1972.
bps (bit per second)
Bps (bit per second) adalah satuan yang digunakan untuk mendefinisikan kecepatan data yang dikirimkan atau diterima melalui proses jaringan komputer. Bit terdiri dari bilangan biner (0 dan 1) yang terus mengalir dari atau ke komputer dalam bentuk sinyal-sinyal listrik.
Semakin besar nilai bps yang bisa dikirimkan atau diterima oleh komputer, maka proses pertukaran data melalui jaringan internet dapat berlangsung secara lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.