Home » » Beberapa Istilah Penting Dalam Blogging dan Artinya

Beberapa Istilah Penting Dalam Blogging dan Artinya

Written By Akunews on Kamis, 27 November 2014 | 04.23



Kali ini saya akan membahas beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam dunia blogging. Pemahaman ini tentu akan memperkaya wawasan kita mengenai seluk beluk dunia blogging. Yuk kita simak dulu informasinya berikut ini:


Monetizing
Monetizing bisa diartikan sebagai proses mendapatkan uang melalui internet, khususnya melalui pembuatan blog atau website.
Banyak cara monetizing yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang melalui blog. Misalnya dengan menyulap blog kita menjadi toko online. Cara lainnya yakni dengan memanfaatkan sistem afiliasi (menjual produk milik pihak lain melalui blog untuk mendapatkan keuntungan berupa nilai komisi yang telah disepakati). Cara lainnya yakni dengan membuat blog kita menjadi media pemasangan iklan online. Blog dengan trafik (jumlah pengunjung) yang tinggi akan membuat pihak lain tertarik untuk memasang iklan.
Adsense
Merupakan suatu bentuk kerjasama periklanan secara online melalui internet yang diprakarsai oleh perusahaan Google. Pemilik blog atau website yang telah bekerjasama dengan program Google Adsense dapat menjadikan blog atau websitenya sebagai media pemasangan iklan dengan bentuk dan format yang telah disepakati oleh Google.
Sebagai pihak pemilik blog atau website, kita akan memperoleh keuntungan dari Google melalui sistem paid ber click (pembayaran setiap ada pengunjung blog yang membuka iklan tersebut).
Alexa
Alexa adalah salah satu perusahaan di bidang teknologi informasi yang menyediakan pelayanan komersial untuk menghitung jumlah data web traffic (jumlah pengunjung suatu website atau blog).
Sedangkan Alexa rank adalah urutan peringkat yang ditentukan oleh perusahaan Alexa untuk menunjukkan banyaknya jumlah kunjungan para pengguna internet pada suatu websiteatau blog.
Bila seseorang memasang toolbar Alexa pada browser mereka, maka Alexa dapat dengan mudah mengetahui jumlah kunjungan serta jumlah halaman internet yang diakses oleh orang tersebut.
Link
Penyebutan kata link berasal dari kata hyperlink yang berarti suatu kalimat yang menjadi acuan untuk mengarahkan para pengguna internet ke halaman internet yang dimaksud. Para pengguna internet dapat mengakses halaman lain dengan cara meng-klik link tersebut.
Link internal adalah bentuk link yang mengarah pada halaman di URL yang sama, sedangkan link eksternal adalah link yang mengarah ke website, blog atau URL lainnya.
SERP
SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page.
SERP dapat diartikan sebagai halaman internet yang menampilkan suatu hasil pencarian dari kata kunci yang kita ketikkan.
SERP yang dihasilkan biasanya telah disusun oleh mesin pencari di internet. Salah satu mesin pencarian yang hingga pertengahan tahun 2014 menjadi mesin pencarian yang paling banyak digunakan para pengguna internet dunia adalah Google.
Visitor
Seperti arti harafiahnya dalam bahasa Inggris, visitor  adalah pengguna internet yang berkunjung ke suatu blog atau website. Banyak sedikitnya visitor yang berkunjung ke suatu blog atau website biasanya sangat mempengaruhi popularitas website dan blog tersebut di dunia internet.
PageRank
Merupakan salah satu fitur atau fasilitas yang dibuat oleh perusahaan Google. PageRank adalah peringkat yang diberikan Google yang dihitung berdasarkan banyaknya link yang serupa tersebut dan ditambah dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website tersebut.
Subscriber
Subscriber adalah para pengguna internet yang melakukan tindakan berlangganan terhadap segala bentuk update informasi yang dilakukan oleh suatu blog atau website.
Setiap kali blog atau website tersebut melakukan update konten, maka para subscriber akan mendapatkan notifikasi via email atau RSS reader.
HTML
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language.
HTML sendiri dapat dikategorikan sebagai bahasa pemrograman sederhana yang menjadi komponen penyusun suatu halaman web. Melalui pemakaian HTML, kita dapat membuat konten di halaman web dan memunculkannya di internet.
Para pengguna internet yang menggunakan fasilitas browser dapat mengakses halaman web yang berformat HTML dengan mudah.
Plugin
Secara harafiah, plugin dapat diartikan sebagai “colok masuk”. Hal ini merupakaan analogi dari fungsi plugin sendiri yang bisa dikategorikan sebagai program tambahan yang berfungsi untuk menambah fungsi program utama.
Plugin biasanya dipasang pada blog dengan tujuan untuk memindai virus, mempermudah proses pemutaran video atau untuk mempercantik tampilan program utamanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.